Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Nama Sekolah : SD ...

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris

Kelas/Semester : I/2

Pertemuan/Unit : ..........

Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (2 x 35 menit)

I. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar:

1. Listening

Merespons instruksi dengan melakukan kegiatan yang berkaitan dengan bagian tubuh manusia.

Mengidentifikasi nama bagian-bagian tubuh manusia.

2. Speaking

Mengungkapkan instruksi sederhana yang berkaitan dengan anggota tubuh.

Menyebutkan beberapa nama bagian-bagian tubuh manusia.

Bertanya jawab tentang bagian-bagian tubuh manusia.

II. Tujuan Pembelajaran:

Siswa dapat berinteraksi secara lisan dengan guru dan teman dalam bahasa Inggris sederhana mengenai anggota tubuh manusia.

III. Indikator:

• Siswa dapat merespons instruksi dengan melakukan kegiatan yang berkaitan dengan nama-nama bagian tubuh dengan benar;

Siswa dapat menunjukkan bagian tubuh sesuai dengan yang didengar dengan benar;

Siswa dapat menyebutkan beberapa nama bagian-bagian tubuh manusia pengucapan dan intonasi yang benar;

Siswa dapat bertanya jawab tentang nama bagian tubuh manusia dengan pengucapan, intonasi, dan tata bahasa yang benar;

IV. Materi Ajar:

My Body

V. Metode Pembelajaran :

1. Tatap Muka

Mendapatkan model-model pengucapan dan tindakan dari guru, terutama dalam:

• menyebutkan nama bagian tubuh;

• bertanya jawab tentang bagian tubuh.

2. Mandiri

• Bertanya jawab tentang bagian-bagian tubuh manusia dengan teman di luar kelas.

VI. Langkah-Langkah Pembelajaran

A. Kegiatan Awal (10 menit)

1. Guru memberi salam; siswa menjawab salam.

2. Guru meminta beberapa siswa secara bergiliran untuk menyebutkan dalam bahasa Indonesia nama bagian tubuh manusia; siswa menyebutkan nama bagian-bagian tubuh manusia.

3. Guru menanyakan jika mereka tahu bahasa Inggris nama-nama anggota tubuh; siswa merespons pertanyaan.

4. Guru menjelaskan bahwa dalam pertemuan tersebut siswa akan

mempelajari nama bagian-bagian tubuh manusia dalam bahasa Inggris; siswa mendengarkan.

B. Kegiatan Inti (50 menit)

a. Listening (20 menit)

1. Siswa diminta untuk membuka halaman yang memuat gambar berbagai bagian tubuh manusia pada bagian listen and repeat; siswa mencermati gambar.

2. Guru memberikan model pengucapan nama bagian tubuh manusia

sambil menunjuk gambar; siswa mendengarkan.

3. Guru mengulangi lagi kegiatan (2); siswa menirukan.

4. Guru mengulang kegiatan (2), ditirukan oleh siswa pada bangku deret tertentu. Diusahakan semua deret mendapat giliran. Siswa dalam deret tertentu secara bersama-sama menirukan ucapan guru, kata per kata. Kegiatan ini dapat digunakan untuk memeriksa jika ada siswa yang masih kesulitan mengucapkan kata tertentu.

5. Guru mengulang kegiatan (2) hanya untuk siswa yang masih mengalami kesulitan mengucapkan nama bagian tubuh manusia dalam bahasa Inggris; siswa yang mengalami kesulitan menirukan guru.

6. Guru memberikan penjelasan kegiatan yang harus dilakukan siswa dalam practice pada bagian listen and repeat dengan menyentuh bagian tubuh sesuai dengan bagian yang disebutkan guru; siswa memerhatikan keterangan guru.

7. Guru memberikan instruksi agar siswa menyentuh bagian tubuh

tertentu; siswa menyentuh bagian tubuh sesuai perintah guru.

Instruksi guru

§ Touch your eyes! Touch your legs!

§ Touch your neck! Touch your head!

§ Touch your ears! Touch your mouth!

§ Touch your nose! Touch your arm!

8. Guru mengulang kegiatan (5) untuk siswa yang duduk pada deret

tertentu; siswa yang ditunjuk merespons instruksi guru dengan

memegang bagian tubuh yang disebut guru. (Kegiatan diulang sampai semua siswa mendapat giliran.)

9. Guru mengulang kegiatan (5) untuk siswa tertentu yang ditunjuk untuk maju (5 siswa bersamaan); siswa yang ditunjuk merespons instruksi guru dengan memegang bagian tubuh yang disebut guru.

Catatan:

Urutan perintah dapat bervariasi. Jika ada siswa yang tidak melakukan kegiatan sesuai instruksi, ia harus mengulang.

Alternatif kegiatan

§ Guru memajang gambar manusia di depan kelas atau menggambar di papan tulis.

§ Guru meminta siswa untuk maju di depan kelas (5 siswa secara bergiliran).

§ Guru meminta siswa untuk menunjukkan gambar yang ada di depan kelas/di papan tulis sesuai dengan yang disebutkan.

§ Siswa menunjuk benda sesuai yang disebutkan guru.

Guru menginstruksikan:

§ Touch the eyes! Touch the legs!

§ Touch the neck! Touch the head!

§ Touch the ears! Touch the mouth!

§ Touch the nose! Touch the arm!

b. Speaking (30 menit)

1. Guru meminta siswa memerhatikan gambar pada bagian speak dan menjelaskan kegiatan yang harus dilakukan siswa, yaitu menyebutkan bagian tubuh yang terdapat dalam gambar. Guru juga menjelaskan bahwa untuk bertanya guru akan mengatakan ’What is this?’ (untuk kepala, hidung, dan mulut) atau What are these? (untuk mata, telinga, dan pundak). Siswa menjawab dengan mengatakan This is a .... (untuk kepala, hidung, dan mulut) dan These are (untuk mata, telinga, dan pundak).

2. Guru menggunakan kalimat tanya What is this? sambil menunjuk

gambar kepala, hidung, dan mulut; siswa secara bersama-sama menyebutkan benda yang ditunjuk dengan menggunakan kalimat This is a ....

3. Guru menggunakan kalimat tanya What are these? sambil menunjuk gambar untuk mata, telinga, dan pundak secara bergantian; siswa secara bersama menyebutkan benda yang ditunjuk dengan menggunakan kalimat These are ....

4. Guru menunjuk 10 siswa (secara bergantian) untuk melakukan kegiatan (2) dan (3) (3 jenis gambar untuk 1 siswa); 10 siswa yang ditunjuk guru secara bergantian menyebutkan nama bagian tubuh yang ditunjuk guru dalam bahasa Inggris.

5. Guru meminta siswa untuk melakukan tanya jawab tentang bagian tubuh dengan teman sebangku; siswa melakukan tanya jawab dengan teman sebangku.

Grammar: THIS, THAT, THESE, THOSE

§ THIS and THAT → untuk benda tunggal

Contoh: This is a nose

§ THESE and THOSE → untuk benda jamak

Contoh: These are ears

§ THIS, THAT, THESE, THOSE dapat digunakan:

1. Sebelum sebuah nomina (kata benda)

Contoh: This is a hair

These are legs

2. Tanpa diikuti oleh nomina

Contoh: What is that? (menunjuk ke bagian tubuh)

What is this? (menunjuk ke bagian tubuh)

C. Kegiatan Akhir (10 menit)

1. Guru menunjuk bagian tubuh tertentu dan bertanya What is it?; siswa menyebut nama bagian tubuh yang ditunjuk guru.

2. Guru menunjuk beberapa siswa secara bergantian memberikan instruksi dengan ekspresi Touch your .... dan menyebut bagian tubuh tertentu; siswa yang ditunjuk menyentuh bagian tubuh yang disebutkan guru.

V. Sumber, Bahan, dan Alat:

- Gambar-gambar bagian tubuh manusia yang relevan

- Buku bergambar yang relevan

VI. Penilaian

Aspek yang dinilai:

Mendengarkan/Berbicara :

- Penggunaan ekspresi

- Pengucapan, lafal, intonasi, kosakata

- Sikap

- Observasi kelas

- Penilaian guru

Mengetahui .........., ........................

Kepala Sekolah Guru Kelas

(_______________) (_______________)

NIP. ...................... NIP.......................

0 komentar:

Posting Komentar

Buku Tamu

Blog Archive