Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/ Semester : I / I
Pertemuan Ke- : 1 -3
Alokasi Waktu : 6 jam pelajaran (6 x 35 menit)
Tema : My Classroom
Aspek : Listening
Standar Kompetensi : 1. Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan
dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar : 1. Merespon dengan mengulang kosakata baru dengan ucapan
lantang
2. Merespon dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara
berterima
Indikator :
- Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan suara lantang
- Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar
- Merespon dengan memperagakan instuksi-instruksi yang di dengar
I. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :
- Mengulang kata-kata benda yang di ucapkan guru atau didengarnya dari kaset/CD dengan suara lantang.
- Mengulang kata-kata benda yang di ucapkan guru atau didengarnya dari kaset/CD dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar.
- Peserta didik dapat melakukan gerakan sesuai instruksi yang diberikan oleh guru ....
II. Materi Pembelajaran
Things in classroom
Simple Instructions
III. Metode Pembelajaran
Demonstrasi, Latihan, dan Permainan
IV. Langkah-langkah Kegiatan
A. Kegiatan Pendahuluan : (3 x 10 menit)
· Guru memberikan salam, siswa menjawab salam.
· Guru meminta siswa berdoa bersama, dan guru memeriksa kehadiran siswa.
· Guru meminta siswa mempersiapkan materi ajar.
· Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan di pelajari dengan kompetensi dasarnya dan tujuan belajar yang harus dicapai.
· Guru menjelaskan secara singkat langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
- Kegiatan Inti :
Pertemuan I : (40 menit)
· Siswa menyebutkan dengan lantang nama-nama benda yang ada dikelas dalam bahasa yang mereka kenal.
· Siswa menyebutkan dengan lantang nama-nama benda yang disebutkan guru dalam Bahasa Inggris, dilakukan berulang.
· Siswa menyebutkan dengan lantang nama-nama benda yang ada dikelas dalam bahasa inggris sambil memegang atau menyentuh bendanya, dilakukan berulang.
Pertemuan II : (40 menit)
· Siswa menyebutkandengan lantang nama-nama benda yang disebutkan guru dalam Bahasa Inggris, dilakukan berulang.
· Siswa menyebutkan dengan lantang nama-nama benda yang ada dikelas dalam bahasa inggris sambil memegang atau menyentuh bendanya, dilakukan berulang.
· Siswa melakukan permainan tebak kata bersama guru.
Pertemuan III : (40 menit)
· Peserta didik memperhatikan demonstrasi guru dalam memperagakan instruksi yang akan di berikan.
· Peserta didik memperagakan instruksi yang di berikan oleh guru dengan cekatan, dilakukan berulang.
· Peserta didik melakukan permainan instruksi bersama guru.
- Kegiatan Penutup :
· Guru membuat kesimpulan materi yang disampaikan.
· Guru meminta siswa untuk mengerjakan post tes.
· Guru menyampaikan agenda pertemuan berikutnya, sekaligus memotivasi siswa.
· Guru memberikan PR / tugas.
· Guru meminta siswa berdo bersama untuk menutup palajaran.
V. Alat/ Bahan/ Sumber
1. Buku Pendidikan Bahasa Inggris Kelas 1 SD trbitan CV INDRADJAYA
2. Gambar-gambar / benda terkait
3. Rekaman kaset / CD
VI. Penilaian :
Aspek yang di nilai :
Mendegarkan/Berbicara : Pengucapan,tata bahasa
Cara Penilaian :
1. Teknik : Lisan dan unjuk kerja
2. Bentuk : Merespon dengan menyebutkan nama benda dengan
lantang
Merespon dengan melakukan instruksi sederhana yang
diberikan
3. Instrumen : a. Mention the name of the things which your teacher
show !
b. Do what your teacher says !
Rangkuman materi : Things in classroom
book pencil
(buk) (pen-suhl)
Buku pensil
table chair
(tey-buhl) (cheie)
meja kursi
whiteboard ruler
(hwahyt-bohrd) (roo-ler)
papan tulis penggaris
bag markers
(baeg) (mahr-ker)
Tas spidol
Pen eraser
(pen) (ih-rey-ser)
Pulpen penghapus
Simple Intruction
- Stand up !
- Sit down !
- Make a line !
- Be quiet !
- Let’s pray !
Tangerang, .................
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Bidang Studi
......................................... ………………………….
NIP. NIP.
0 komentar:
Posting Komentar