Nama Sekolah : SD_____________________
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : I/II
Standar Kompetensi : 2. Mengungkapkan macam – macam warna yang sangat
sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar : 2.1 Bercakap-cakap untuk menyebutkan macam-macam warna secara sederhana
Indikator : Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
1. Siswa dapat menirukan warna-warna yang di dengar dengan lafal dan intonasi yang tepat .
2. Siswa dapat menyebutkan nama-nama warna
3. Siswa dapat menunjukan warna-warna dalam bahasa inggris
Alokasi Waktu : 2x 35 menit
Tujuan Pembelajaran : 1. Menyebutkan nama warna dengan pengucapan dan
Intonasi yang benar
2. Bertanya jawab tentang warna suatu benda dengan
pengucapan intonasi dan tata bahasa yang benar
3. Menyebutkan macam-macam warna yang ada pada
Suatu benda
Metode Pembelajaran : Ceramah, Demonstrasi
Materi Ajar Pembelajaran : Kinds of Colours
Contoh :
1. apel ini berwarna hijau
This apple green
Green artinya hijau
G-r-e-e-n = ji – a: - i: - i: - en2. mobil ini berwarna merah
This car is red
Red artinya Merah
R-e-d = a: - i:- di :
3 Topi ini berwarna kuning
This hat is yellow
Yellow artinya Kuning
K-u-n-i-n-g = kei – yu – en – ai – en – ji
4 Sepatu ini berwarna biru
This shoe blue
Blue artinya biru
B-l –u –e = bi : - el – yu – ai
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- Kegiatan Pendahuluan
· Guru memperlihatkan gambar besar yang mengilustrasikan bab yang dibahas.
· Guru bertanya pada siswa mengenai kegiatan yang terdapat dalam gambar dalam bahasa Inggris dan siswa menjawab.
- Kegiatan Inti
· Guru memberikan contoh dialog-dialog yang berkaitan dengan materi.
· Siswa melengkapi dialog-dialog yang masih kosong dalam buku teks.
· Siswa berlatih dialog-dialog tersebut dengan teman-temanya (latihan ini dapat dilakukan secara berpasangan ataupun berkelompok).
· Selama siswa berlatih, guru mengitari siswa dan mencatat kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa.
- Kegiatan Penutup
· Guru memperbaiki kesalahan yang dilakukan siswa (kesalahan meliputi pengucapan, penyebutan kosakata, dan tata bahasa yang pada saat itu menjadi fokus bahasan).
· Guru menilai hasil kerja siswa dalam melengkapi dialog.
· Guru meminta beberapa siswa maju ke depan kelas untuk mempraktikkan dialog yang baru saja dilatih.
· Guru memberikan komentar dengan mengucapkan well done, good job, atau very good pada siswa yang berani maju ke depan agar mereka termotivasi.
Alat/Sumber Belajar:
- Buku teks Let’s Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 1, Esis
- Script percakapan yang terdapat dalam buku teks dan buku guru
- Alat peraga yang berkaitan dengan materi ajar
- Buku-buku lain yang relevan
Penilaian:
- Teknik: Tes lisan
- Bentuk: Pertanyaan
- Contoh instrumen:
Answer the questions orally!
What is this?
This is ?
- Teknik: Unjuk kerja
- Bentuk: Performance
- Contoh instrumen:
Act out the dialogues in front of the class!
(siswa secara berpasangan atau berkelompok mempraktikkan dialog-dialog yang sudah dipelajari)
Mengetahui, ………………,………………………
Kepala SD …………………… Guru Bahasa Inggris
(________________________) (_______________________)
0 komentar:
Posting Komentar