Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Nama Sekolah : SDN/MI ...................................

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris

Kelas/Semester : 1 / 1

Pertemuan Ke- : 1 – 3

Alokasi Waktu : 6 × 35 menit

Tema : My Classroom

Aspek : Listening

I. Standar Kompetensi

Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas.

II. Kompetensi Dasar

- Merespon dengan mengulang kosakata baru dengan pengucapan lantang.

- Merespon dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima.

III. Indikator

- Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan suara lantang.

- Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar.

- Merespon dengan memperagakan instruksi-instruksi yang didengar.

IV. Tujuan Pembelajaran

- Peserta didik dapat mengulang kata-kata benda yang diucapkan guru dengan suara lantang.

- Peserta didik dapat mengulang kata-kata benda yang diucapkan guru dengan pengucapan yang benar.

- Peserta didik dapat melakukan gerakan sesuai instruksi yang diberikan olah guru.

V. Materi Pokok

Things in Classroom

Table

(teibl)

Meja

Chair

(cee:)

Kursi

Blackboard

(‘blaekbo:d)

Papan Tulis

Eraser

(ireise:)

Penghapus

Bag

(baeg)

Tas

Cabinet

(’kaebint)

Lemati Kaca

Teacher

(ti:ce:)

Guru

Map

(maep)

Peta

Globe

(gleub)

Bola Dunia

Student

(scudent)

Murid

Clock

(klok)

Jam

Chalk

(ca:k)

Kapur

Ruler

(ru:le)

Penggaris

Pencil

(pensel)

Pensil

Simple Instructions:

- Stand up!

- Sit down!

- Make a line!

- Be quiet!

- Let’s prey!

VI. Metode Pembelajaran

Demonstrasi, Latihan, dan Permainan.

VII. Langkah-langkah Pembelajaran

A. Kegiatan Awal (3 x 10 menit)

- Berdoa, memeriksa kehadiran siswa.

- Perkenalan singkat, tentang diri dan mata pelajaran.

- Guru mengenalkan tema dan tujuan belajar yang harus dicapai.

B. Kegiatan Inti

Pertemuan I (40 menit)

- Peserta didik menyebutkan dengan lantang nama-nama benda di kelas dalam bahasa yang mereka kenal.

- Peserta didik mengulang dengan lantang nama-nama benda yang disebutkan guru dalam Bahasa Inggris, dilakukan berulang.

- Peserta didik menyebutkan dengan lantang nama-nama benda di kelas dalam Bahasa Inggris sambil menyentuh/memegang bendanya, dilakukan berulang.

Pertemuan II (40 menit)

- Peserta didik mengulang dengan lantang nama-nama benda yang disebutkan guru dalam Bahasa Inggris, dilakukan berulang.

- Peserta didik menyebutkan dengan lantang nama-nama benda di kelas dalam Bahasa Inggris sambil menyentuh/memegang bendanya, dilakukan berulang.

- Peserta didik melakukan permainan tebak kata bersama guru.

Pertemuan III (40 menit)

- Peserta didik memperhatikan demonstrasi guru dalam memperagakan instruksi yang akan diberikan.

- Peserta didik memperagakan instruksi yang diberikan oleh guru dengan cekatan, dilakukan berulang.

- Peserta didik melakukan permainan instruksi bersama guru.

C. Kegiatan Akhir (3 x 10 menit)

- Menyimpulkan dan evaluasi.

- Guru menyampaikan agenda pertemuan berikutnya, sekaligus memotivasi peserta didik.

- Penutup dan do’a.

VIII. Alat / Bahan / Sumber Belajar

- Gambar-gambar/benda terkait.

- Rekaman kaset/CD.

- Buku Bahasa Inggris Learning by Doing Kelas 1 Sekolah Dasar, Grafindo Media Pratama.

IX. Penilaian

- Teknik : Tes lisan .

- Bentuk : a. Merespon dengan menyebutkan nama benda dengan lantang.

b. Merespon dengan melakukan instruksi sederhana yang diberikan.

- Instrumen : a. Mention the name of the things which your teacher shows!

b. Do what your teacher says!

- Skor : Tidak bisa = 6

Kurang/Lambat = 7

Cukup = 8

Baik/Cekatan = 9

Mengetahui,

Kepala Sekolah SDN/MI ..................................

............................................

NIP.

........................., ........................................

Guru Mata Pelajaran

........................................

NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Nama Sekolah : SDN/MI ...................................

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris

Kelas/Semester : 1 / 1

Pertemuan Ke- : 4 – 7

Alokasi Waktu : 8 × 35 menit

Tema : My Classroom

Aspek : Speaking

I. Standar Kompetensi

Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas.

I. Kompetensi Dasar

- Merespon dengan mengulang kosakata baru dengan pengucapan lantang.

- Merespon dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima.

II. Indikator

- Mengungkapkan tindak tutur menanyakan suatu benda.

- Mengungkapkan tindak tutur menanyakan seseorang.

- Mengungkapkan tindak tutur menanyakan kegiatan yang sedang dilakukan orang lain.

- Mengungkapkan tindak tutur menyebutkan ukuran suatu benda.

III. Tujuan Pembelajaran

- Peserta didik dapat menanyakan suatu benda dengan menggunakan kata “ What”.

- Peserta didik dapat menanyakan seseorang dengan menggunakan kata Who”.

- Peserta didik dapat menanyakan kegiatan yang sedang dilakukan seseorang dengan menggunakan kata “ What”.

- Peserta didik dapat menyebutkan ukuran suatu benda dengan beberapa kata sifat sederhana.

V. Materi Pokok

Question Words “What” and “Who”

Adjectives (Big, Small, Long, Tall, Short, Thick, Thin)

Asking Something

What is this?

What is that?

Asking Someone

Who is this?

Who is that?

Asking The Activity of Other Person

What are you doing?

Describing Size of Something

Big Small

Tall Short

- My pencil is long.

- Agus is tall.

- The bag is big.

V. Metode Pembelajaran

Demonstrasi, Latihan, dan Bermain Peran.

VI. Langkah-langkah Pembelajaran

A. Kegiatan Awal (4 x 10 menit)

- Berdoa, memeriksa kehadiran siswa.

- Guru mengenalkan tema dan tujuan belajar yang harus dicapai.

- Appersepsi singkat.

B. Kegiatan Inti

Pertemuan I (40 menit)

- Peserta didik memperhatikan demonstrasi guru dalam menggunakan kata “ what” untuk menanyakan suatu benda.

- Peserta didik memperhatikan demonstrasi guru dalam menggunakan kata “ who” untuk menanyakan seseorang.

- Peserta didik berlatih mengulang kalimat-kalimat yang diucapkan guru, dilakukan berulang.

Pertemuan II (40 menit)

- Peserta didik dibimbing oleh guru berlatih membaca script percakapan sederhana yang disediakan guru.

- Peserta didik melakukan kegiatan bermain peran secara berpasangan dengan menggunakan script percakapan sederhana yang disediakan guru.

Pertemuan III (40 menit)

- Peserta didik memperhatikan demonstrasi guru dalam menggunakan kata “ what” untuk menanyakan kegiatan yang sedang dilakukan orang lain.

- Peserta didik memperhatikan demonstrasi guru dalam menggunakan kata sifat sederhana untuk menyebutkan ukuran suatu benda.

- Peserta didik berlatih mengulang kalimat-kalimat yang diucapkan guru, dilakukan berulang.

Pertemuan IV (40 menit)

- Peserta didik dibimbing oleh guru berlatih membaca percakapan sederhana yang disediakan guru.

- Peserta didik melakukan kegiatan bermain peran secara berpasangan dengan menggunakan yang disediakan guru.

C. Kegiatan Akhir (4 x 10 menit)

- Menyimpulkan dan evaluasi.

- Guru menyampaikan agenda pertemuan berikutnya, sekaligus memotivasi peserta didik.

- Penutup dan do’a.

VII. Alat / Bahan / Sumber Belajar

- Script percakapan.

- Alat peraga.

- Buku Bahasa Inggris Learning by Doing Kelas 1 Sekolah Dasar, Grafindo Media Pratama.

VIII. Penilaian

- Teknik : Tes lisan. Unjuk kerja

- Bentuk : Jawaban singkat. Penampilan / Bermain Peran

- Instrumen : a. Answer the question orally!

1. What is this?

2. Who is that?

3. What are you doing?

4. Is your pencil short?

b. Do the dialogue in front of the class with your friend!

A: Hi, what is this?

B: It is a bag.

A: Who is that?

B: That is Agus.

A: What are you doing?

B: I am standing.

A: Is your pencil short?

B: No, it is long.

- Skor : Tidak bisa = 6

Kurang/Lambat = 7

Cukup = 8

Baik/Cekatan = 9

Mengetahui,

Kepala Sekolah SDN/MI ..................................

............................................

NIP.

........................., ........................................

Guru Mata Pelajaran

........................................

NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Nama Sekolah : SDN/MI ...................................

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris

Kelas/Semester : 1 / 1

Pertemuan Ke- : 8 – 13

Alokasi Waktu : 12 × 35 menit

Tema : My Classroom

Aspek : Reading

I. Standar Kompetensi

Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas.

II. Kompetensi Dasar

- Membaca nyaring dengan ucapan dan intonasi yang tepat dan berterima yang melibatkan: kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana.

- Memahami kalimat dan teks deskriptif bergambar sangat sederhana secara tepat dan berterima.

III. Indikator

- Melafalkan kata, frasa, dan kalimat dengan baik dan benar.

- Membaca kata, frasa, dan kalimat dengan intonasi yang benar.

- Membaca nyaring dengan baik dan benar.

- Mengidentifikasi berbagai informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana.

- Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks deskriptif bergambar.

IV. Tujuan Pembelajaran

- Peserta didik dapat membaca kata, frasa, dan kalimat dengan baik dan benar.

- Peserta didik dapat membaca kata, frasa, dan kalimat dengan intonasi yang benar.

- Peserta didik dapat membaca nyaring suatu teks sederhana dengan baik dan benar.

- Peserta didik dapat mengidentifikasi informasi yang terkandung dalam kalimat sangat sederhana.

- Peserta didik dapat mengidentifikasi informasi yang terkandung dalam teks deskriptif bergambar.

V. Materi Pokok

Pronounciation (T and TH Sounds)

Pengucapan suara “T” dan “Th” dalam Bahasa Inggris berbeda, dan memiliki pengaruh yang sangat besar. Suara “T” muncul dengan cara menyentuhkan ujung lidah dengan gigi atas, sedangkan suara “Th” muncul seperti suara “T” tapi agak samar, karena ujung lidah tidak menyentuh gigi. Untuk berlatih, ucapkan kata-kata berikut:

Th is – Th at – Th ese – Th ose

Berlatih juga untuk membedakan pengucapan kata berikut:

T ank – Th ank

T ough – Th ough

T in – Th hin

Ba t – Ba th

Ma t – Ma th

Descriptive Text with Pictures

This is a ruler. The ruler is long.

This is a chalk. The chalk is short.

This is a bag. The bag is big.

This is a cabinet. The cabinet is tall.

VI. Metode Pembelajaran

Demonstrasi, Latihan, dan Tanya Jawab.

VII. Langkah-langkah Pembelajaran

A. Kegiatan Awal (6 x 10 menit)

- Berdoa, memeriksa kehadiran siswa.

- Guru mengenalkan tema dan tujuan belajar yang harus dicapai.

- Appersepsi singkat.

B. Kegiatan Inti

Pertemuan I (40 menit)

- Peserta didik memperhatikan demonstrasi guru tentang bagaimana cara membaca kata/kalimat, baik pengucapan atau intonasi.

- Peserta didik berlatih membaca kata-kata sederhana dengan meniru bacaan guru, dilakukan berulang, baik bersama, berkelompok, atau perorangan.

Pertemuan II (40 menit)

- Peserta didik memperhatikan demonstrasi guru tentang bagaimana cara membaca kata/kalimat, baik pengucapan atau intonasi.

- Peserta didik berlatih membaca kalimat sederhana dengan meniru bacaan guru, dilakukan berulang, baik bersama, berkelompok, atau perorangan.

Pertemuan III (40 menit)

- Peserta didik secara bersama-sama berlatih membaca nyaring satu teks sederhana dengan bimbingan guru.

- Peserta didik secara bergantian, baik berkelompok maupun perorangan berlatih membaca nyaring satu teks sederhana, dengan lafal dan intonasi yang baik.

Pertemuan IV (40 menit)

- Peserta didik secara berkelompok membaca kalimat-kalimat sederhana, dengan bimbingan guru.

- Peserta didik secara berkelompok melakukan identifikasi isi kalimat dengan bimbingan guru.

Pertemuan V (40 menit)

- Peserta didik secara berkelompok membaca satu teks deskriptif bergambar, dengan bimbingan guru.

- Peserta didik secara berkelompok melakukan identifikasi isi teks dengan bimbingan guru.

Pertemuan VI (40 menit)

- Peserta didik secara berkelompok melakukan tanya jawab seputar isi teks yang ia baca bersama guru, dengan menggunakan alat peraga/gambar.

C. Kegiatan Akhir (6 x 10 menit)

- Menyimpulkan dan evaluasi.

- Guru menyampaikan agenda pertemuan berikutnya, sekaligus memotivasi peserta didik.

- Penutup dan do’a.

VIII. Alat / Bahan / Sumber Belajar

- Alat peraga/gambar.

- Buku Bahasa Inggris Learning by Doing Kelas 1 Sekolah Dasar, Grafindo Media Pratama.

IX. Penilaian

- Teknik : Unjuk kerja.

- Bentuk : Uji petik membaca nyaring, tes identifikasi teks/gambar.

- Instrumen : a. Read the sentences loudly!

This is a bag. The bag is big.

That is a ruler. The ruler is long.

b. Read the sentences, and point what the sentences said!

This is a bag. This is a ruler.

That is a chalk. That is a cabinet.

- Skor : Tidak bisa = 6

Kurang/Lambat = 7

Cukup = 8

Baik/Cekatan = 9

Mengetahui,

Kepala Sekolah SDN/MI ..................................

............................................

NIP.

........................., ........................................

Guru Mata Pelajaran

........................................

NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Nama Sekolah : SDN/MI ...................................

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris

Kelas/Semester : 1 / 1

Pertemuan Ke- : 14 – 16

Alokasi Waktu : 6 × 35 menit

Tema : My Classroom

Aspek : Writing

I. Standar Kompetensi

Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas.

II. Kompetensi Dasar

- Mengeja kosakata bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima dengan ejaan yang benar.

- Menyalin kosakata bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima.

III. Indikator

- Mengeja kosakata berdasarkan gambar dengan ejaan yang benar.

- Menyalin dan mencocokkan kata dengan gambar yang sesuai.

- Menulis nama-nama alat tulis, kata sifat, atau materi terkait dengan benar dan sesuai gambar yang tepat.

IV. Tujuan Pembelajaran

- Peserta didik dapat menulis ejaan kosakata berdasarkan gambar dengan ejaan yang benar.

- Peserta didik dapat menyalin tulisan nama-nama benda sesuai dengan gambar.

- Peserta didik dapat menulis nama-nama benda dengan benar dan sesuai gambar.

V. Materi Pokok

Spelling

Names of Things in Classroom

T A B L E

( ti: ei bi el i: )

Meja

C H A I R

( si: eits ei ai a: )

Kursi

B A G

( bi ei ji )

Tas

T E A C H E R

( ti: i: ei si: eits i: a: )

Guru

S T U D E N T

( es ti yu: di: i: en ti: )

Murid

C H A L K

( si: eits ei el kei )

Kapur

P E N C I L

( pi: i: en si: ai el )

Pensil

R U L E R

( a: yu: el i: a: )

Penggaris

M A P

( em ei pi: )

Peta

G L O B E

( ji el ou bi i: )

Bola Dunia

VI. Metode Pembelajaran

Demonstrasi, Latihan, dan Permainan

VII. Langkah-langkah Pembelajaran

A. Kegiatan Awal (3 x 10 menit)

- Berdoa, memeriksa kehadiran siswa.

- Guru mengenalkan tema dan tujuan belajar yang harus dicapai.

- Appersepsi singkat.

B. Kegiatan Inti

Pertemuan I (40 menit)

- Peserta didik memperhatikan demonstrasi guru tentang bagaimana cara menulis huruf yang benar.

- Peserta didik berlatih menulis huruf-huruf sehingga membentuk kata benda sesuai gambar yang disediakan guru, dengan bimbingan guru.

Pertemuan II (40 menit)

- Peserta didik memperhatikan demonstrasi guru tentang bagaimana cara menyalin tulisan berbahasa Inggris.

- Peserta didik berlatih menyalin nama-nama benda/gambar yang telah disediakan oleh guru, dengan bimbingan guru dalam suatu permainan.

Pertemuan III (40 menit)

- Peserta didik memperhatikan demonstrasi guru tentang bagaimana cara menulis sifat-sifat benda dalam bahasa Inggris.

- Peserta didik berlatih menulis sifat-sifat benda/gambar yang telah disediakan oleh guru, dengan bimbingan guru dalam suatu permainan.

C. Kegiatan Akhir (3 x 10 menit)

- Menyimpulkan dan evaluasi.

- Guru menyampaikan agenda pertemuan berikutnya, sekaligus memotivasi peserta didik.

- Penutup dan do’a.

VIII. Alat / Bahan / Sumber Belajar

- Alat peraga/gambar.

- Buku Bahasa Inggris Learning by Doing Kelas 1 Sekolah Dasar, Grafindo Media Pratama.

IX. Penilaian

- Teknik : Tes tulis.

- Bentuk : Meniru jejak huruf dan menyalin.

- Instrumen : a. Trace the letters to get the names of the objects!

1.

R U LE R

2.

C A B I N E T

b. Re-write the names of the objects!

1. Pencil = ………....………

2. Chair = …………………

c. Re-write the character of the objects!

1. The bag is big.

The bag is ……………

2. The chalk is short.

The chalk is …………

- Skor : Tidak bisa = 6

Kurang/Lambat = 7

Cukup = 8

Baik/Cekatan = 9

Mengetahui,

Kepala Sekolah SDN/MI ..................................

............................................

NIP.

........................., ........................................

Guru Mata Pelajaran

........................................

NIP.

0 komentar:

Posting Komentar

Buku Tamu

Blog Archive