SD : _____________________
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : II/1
Standar Kompetensi : 3. Memahami tulisan bahasa Inggris sangat
sederhana dalam konteks sekitar peserta didik
Kompetensi Dasar : 3.1 Membaca nyaring dengan ucapan dan intonasi
yang tepat dan berterima yang melibatkan: kata,
frasa, dan kalimat sangat sederhana
Indikator : 3.1.1 Melafalkan kata, frasa, dan kalimat dengan baik
dan benar
3.1.2 Membaca kata, frasa, dan kalimat dengan
intonasi yang benar
3.1.3 Membaca nyaring dengan baik dan benar
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat melafalkan kata, frasa, dan kalimat
dengan baik dan benar
2. Siswa dapat membaca kata, frasa, dan kalimat
dengan intonasi yang benar
3. Siswa dapat membaca nyaring dengan baik dan
benar
Metode Pembelajaran : 1. Siswa mendengarkan dan merespon hal-hal yang
perlu diperhatikan dalam kegiatan membaca
nyaring: pronunciation dan intonation
2. Siswa mendengarkan contoh membaca nyaring yang
dilakukan guru
3. Siswa menirukan membaca nyaring dengan intonasi
dan jeda sesuai model
4. Siswa membaca nyaring sendiri dengan lafal,
intonasi, dan jeda yang baik dan benar
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- Kegiatan Pendahuluan
· Guru bertanya pada siswa mengenai hal yang berkaitan dengan topik bacaan. Sebagai contoh: guru bertanya apakah siswa pernah mengunjungi Dunia Fantasi ketika akan membahas bacaan mengenai seorang anak dan keluarganya yang mengunjungi Dunia Fantasi.
· Guru mengajak siswa mengingat kembali kosakata-kosakata yang berkaitan dengan topik bacaan.
- Kegiatan Inti
· Guru membaca teks secara lantang dengan pengucapan dan intonasi yang sesuai sementara siswa mendengar.
· Guru membaca teks secara lantang untuk kedua kalinya dan kali ini meminta siswa untuk menirukan membaca nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai dengan yang guru contohkan.
· Masing-masing siswa membaca nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar (sementara siswa melakukan kegiatan ini, guru mengitari siswa dan membetulkan apabila terdapat siswa yang melakukan kesalahan dalam membaca).
- Kegiatan Penutup
· Guru bertanya apakah siswa memahami teks yang dibaca.
· Guru mengaitkan apa yang dibaca siswa dengan kehidupan nyata siswa, misalnya: bila teks yang dibaca tentang Dunia Fantasi, guru bertanya apakah siswa senang pergi ke Dunia Fantasi.
Alat/Sumber Belajar:
- Buku teks Let’s Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 2, Esis
- Buku-buku lain yang relevan
Penilaian:
- Teknik: Tes unjuk kerja
- Bentuk: Uji petik membaca nyaring
- Contoh instrumen:
Read the sentences aloud.
1. The elephant is grey.
2. The monkey is brown.
3. The parrot is green.
4. The duck is yellow.
5. The zebra is black and white.
- Teknik: Observasi
- Bentuk: Lembar observasi
- Contoh instrumen:
Read all the sentences loudly and carefully.
1. There are twelve months in a year.
2. There are seven days in a week.
Mengetahui Kepala Sekolah NIP. | | Tangerang, 23 Juni 2010 Guru Bidang Studi SITI MAHMUDAH |
0 komentar:
Posting Komentar