Nama Sekolah : SDN/MI .................................
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : 1 / 1
Tema : My Classroom
Standar Kompetensi : Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas.
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Alat / Bahan / Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk | Contoh Instrumen | ||||||
Listening - Merespon dengan mengulang kosakata baru dengan pengucapan lantang. - Merespon dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima. | - Things in Classroom - Simple Instructions | - Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan suara lantang. - Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar. - Merespon dengan memperagakan instruksi-instruksi yang didengar. | - Peserta didik menyebutkan dengan lantang nama-nama benda di kelas dalam bahasa yang mereka kenal. - Peserta didik mengulang dengan lantang nama-nama benda yang disebutkan guru dalam Bahasa Inggris, dilakukan berulang. - Peserta didik menyebutkan dengan lantang nama-nama benda di kelas dalam Bahasa Inggris sambil menyentuh/memegang bendanya, dilakukan berulang. | Tes lisan | - Merespon dengan menyebutkan nama benda dengan lantang. - Merespon dengan melakukan instruksi sederhana yang diberikan. | - Mention the name of the things which your teacher shows! - Do what your teacher says! | 6 × 35 menit | - Gambar-gambar/benda terkait. - Rekaman kaset/CD. - Buku Bahasa Inggris Learning by Doing Kelas 1 Sekolah Dasar, Grafindo Media Pratama. |
Speaking - Merespon dengan mengulang kosakata baru dengan pengucapan lantang. - Merespon dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima. | - Question Words “What” and “Who” - Adjectives (Big, Small, Long, Tall, Short, Thick, Thin) | - Mengungkapkan tindak tutur menanyakan suatu benda. - Mengungkapkan tindak tutur menanyakan seseorang. - Mengungkapkan tindak tutur menanyakan kegiatan yang sedang dilakukan orang lain. - Mengungkapkan tindak tutur menyebutkan ukuran suatu benda. | - Peserta didik memperhatikan demonstrasi guru dalam menggunakan kata “ what” untuk menanyakan suatu benda. - Peserta didik memperhatikan demonstrasi guru dalam menggunakan kata “ who” untuk menanyakan seseorang. - Peserta didik berlatih mengulang kalimat-kalimat yang diucapkan guru, dilakukan berulang. - Peserta didik dibimbing oleh guru berlatih membaca script percakapan sederhana yang disediakan guru. - Peserta didik melakukan kegiatan bermain peran secara berpasangan dengan menggunakan script percakapan sederhana yang disediakan guru. - Peserta didik memperhatikan demonstrasi guru dalam menggunakan kata “ what” untuk menanyakan kegiatan yang sedang dilakukan orang lain. - Peserta didik berlatih mengulang kalimat-kalimat yang diucapkan guru, dilakukan berulang. | - Tes lisan. - Unjuk kerja | - Jawaban singkat. - Penampilan / Bermain Peran | Answer the question orally! 1. What is this? 2. Who is that? | 8 × 35 menit | - Script percakapan. - Alat peraga. - Buku Bahasa Inggris Learning by Doing Kelas 1 Sekolah Dasar, Grafindo Media Pratama. |
- Membaca nyaring dengan ucapan dan intonasi yang tepat dan berterima yang melibatkan: kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana. - Memahami kalimat dan teks deskriptif bergambar sangat sederhana secara tepat dan berterima. | - Pronounciation (T and TH Sounds) - Descriptive Text with Pictures | - Melafalkan kata, frasa, dan kalimat dengan baik dan benar. - Membaca kata, frasa, dan kalimat dengan intonasi yang benar. - Membaca nyaring dengan baik dan benar. - Mengidentifikasi berbagai informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana. - Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks deskriptif bergambar. | - Peserta didik memperhatikan demonstrasi guru tentang bagaimana cara membaca kata/kalimat, baik pengucapan atau intonasi. - Peserta didik berlatih membaca kata-kata sederhana dengan meniru bacaan guru, dilakukan berulang, baik bersama, berkelompok, atau perorangan. - Peserta didik memperhatikan demonstrasi guru tentang bagaimana cara membaca kata/kalimat, baik pengucapan atau intonasi. - Peserta didik berlatih membaca kalimat sederhana dengan meniru bacaan guru, dilakukan berulang, baik bersama, berkelompok, atau perorangan. - Peserta didik secara bersama-sama berlatih membaca nyaring satu teks sederhana dengan bimbingan guru. - Peserta didik secara bergantian, baik berkelompok maupun perorangan berlatih membaca nyaring satu teks sederhana, dengan lafal dan intonasi yang baik. - Peserta didik secara berkelompok melakukan identifikasi isi kalimat dengan bimbingan guru. - Peserta didik secara berkelompok melakukan tanya jawab seputar isi teks yang ia baca bersama guru, dengan menggunakan alat peraga/gambar. | Unjuk kerja. | Uji petik membaca nyaring, tes identifikasi teks/gambar. | Read the sentences loudly! - This is a bag. The bag is big. - That is a ruler. The ruler is long. Read the sentences, and point what the sentences said! - This is a bag. This is a ruler. | 12 × 35 menit | - Alat peraga/gambar. - Buku Bahasa Inggris Learning by Doing Kelas 1 Sekolah Dasar, Grafindo Media Pratama. |
Writing - Mengeja kosakata bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima dengan ejaan yang benar. - Menyalin kosakata bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima. | Spelling Names of Things in Classroom | - Mengeja kosakata berdasarkan gambar dengan ejaan yang benar. - Menyalin dan mencocokkan kata dengan gambar yang sesuai. - Menulis nama-nama alat tulis, kata sifat, atau materi terkait dengan benar dan sesuai gambar yang tepat. | - Peserta didik memperhatikan demonstrasi guru tentang bagaimana cara menulis huruf yang benar. - Peserta didik berlatih menulis huruf-huruf sehingga membentuk kata benda sesuai gambar yang disediakan guru, dengan bimbingan guru. - Peserta didik memperhatikan demonstrasi guru tentang bagaimana cara menyalin tulisan berbahasa Inggris. - Peserta didik berlatih menyalin nama-nama benda/gambar yang telah disediakan oleh guru, dengan bimbingan guru dalam suatu permainan. - Peserta didik memperhatikan demonstrasi guru tentang bagaimana cara menulis sifat-sifat benda dalam bahasa Inggris. - Peserta didik berlatih menulis sifat-sifat benda/gambar yang telah disediakan oleh guru, dengan bimbingan guru dalam suatu permainan. | Ter tulis | Meniru jejak huruf dan menyalin. | - Trace the letters to get the names of the objects! - Re-write the names of the objects! - Re-write the character of the objects! | 6 × 35 menit | - Alat peraga/gambar. - Buku Bahasa Inggris Learning by Doing Kelas 1 Sekolah Dasar, Grafindo Media Pratama. |
Mengetahui, Kepala Sekolah SDN/MI .................................. ............................................ NIP. ........................., ........................................ Guru Mata Pelajaran ........................................ NIP.
0 komentar:
Posting Komentar