Silabus

Nama Sekolah : SDN/MI .................................

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris

Kelas / Semester : 1 / 1

Tema : My Classroom

Standar Kompetensi : Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas.

Kompetensi

Dasar

Materi

Pokok

Indikator

Kegiatan

Pembelajaran

Penilaian

Alokasi Waktu

Alat / Bahan / Sumber Belajar

Teknik

Bentuk

Contoh Instrumen

Listening

- Merespon dengan mengulang kosakata baru dengan pengucapan lantang.

- Merespon dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima.

- Things in Classroom

- Simple Instructions

- Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan suara lantang.

- Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar.

- Merespon dengan memperagakan instruksi-instruksi yang didengar.

- Peserta didik menyebutkan dengan lantang nama-nama benda di kelas dalam bahasa yang mereka kenal.

- Peserta didik mengulang dengan lantang nama-nama benda yang disebutkan guru dalam Bahasa Inggris, dilakukan berulang.

- Peserta didik menyebutkan dengan lantang nama-nama benda di kelas dalam Bahasa Inggris sambil menyentuh/memegang bendanya, dilakukan berulang.

Tes lisan

- Merespon dengan menyebutkan nama benda dengan lantang.

- Merespon dengan melakukan instruksi sederhana yang diberikan.

- Mention the name of the things which your teacher shows!

- Do what your teacher says!

6 × 35 menit

- Gambar-gambar/benda terkait.

- Rekaman kaset/CD.

- Buku Bahasa Inggris Learning by Doing Kelas 1 Sekolah Dasar, Grafindo Media Pratama.

Speaking

- Merespon dengan mengulang kosakata baru dengan pengucapan lantang.

- Merespon dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima.

- Question Words “What” and “Who”

- Adjectives (Big, Small, Long, Tall, Short, Thick, Thin)

- Mengungkapkan tindak tutur menanyakan suatu benda.

- Mengungkapkan tindak tutur menanyakan seseorang.

- Mengungkapkan tindak tutur menanyakan kegiatan yang sedang dilakukan orang lain.

- Mengungkapkan tindak tutur menyebutkan ukuran suatu benda.

- Peserta didik memperhatikan demonstrasi guru dalam menggunakan kata what” untuk menanyakan suatu benda.

- Peserta didik memperhatikan demonstrasi guru dalam menggunakan kata who” untuk menanyakan seseorang.

- Peserta didik berlatih mengulang kalimat-kalimat yang diucapkan guru, dilakukan berulang.

- Peserta didik dibimbing oleh guru berlatih membaca script percakapan sederhana yang disediakan guru.

- Peserta didik melakukan kegiatan bermain peran secara berpasangan dengan menggunakan script percakapan sederhana yang disediakan guru.

- Peserta didik memperhatikan demonstrasi guru dalam menggunakan kata “ what” untuk menanyakan kegiatan yang sedang dilakukan orang lain.

- Peserta didik berlatih mengulang kalimat-kalimat yang diucapkan guru, dilakukan berulang.

- Tes lisan.

- Unjuk kerja

- Jawaban singkat.

- Penampilan / Bermain Peran

Answer the question orally!

1. What is this?

2. Who is that?

8 × 35 menit

- Script percakapan.

- Alat peraga.

- Buku Bahasa Inggris Learning by Doing Kelas 1 Sekolah Dasar, Grafindo Media Pratama.

Reading

- Membaca nyaring dengan ucapan dan intonasi yang tepat dan berterima yang melibatkan: kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana.

- Memahami kalimat dan teks deskriptif bergambar sangat sederhana secara tepat dan berterima.

- Pronounciation (T and TH Sounds)

- Descriptive Text with Pictures

- Melafalkan kata, frasa, dan kalimat dengan baik dan benar.

- Membaca kata, frasa, dan kalimat dengan intonasi yang benar.

- Membaca nyaring dengan baik dan benar.

- Mengidentifikasi berbagai informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana.

- Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks deskriptif bergambar.

- Peserta didik memperhatikan demonstrasi guru tentang bagaimana cara membaca kata/kalimat, baik pengucapan atau intonasi.

- Peserta didik berlatih membaca kata-kata sederhana dengan meniru bacaan guru, dilakukan berulang, baik bersama, berkelompok, atau perorangan.

- Peserta didik memperhatikan demonstrasi guru tentang bagaimana cara membaca kata/kalimat, baik pengucapan atau intonasi.

- Peserta didik berlatih membaca kalimat sederhana dengan meniru bacaan guru, dilakukan berulang, baik bersama, berkelompok, atau perorangan.

- Peserta didik secara bersama-sama berlatih membaca nyaring satu teks sederhana dengan bimbingan guru.

- Peserta didik secara bergantian, baik berkelompok maupun perorangan berlatih membaca nyaring satu teks sederhana, dengan lafal dan intonasi yang baik.

- Peserta didik secara berkelompok melakukan identifikasi isi kalimat dengan bimbingan guru.

- Peserta didik secara berkelompok melakukan tanya jawab seputar isi teks yang ia baca bersama guru, dengan menggunakan alat peraga/gambar.

Unjuk kerja.

Uji petik membaca nyaring, tes identifikasi teks/gambar.

Read the sentences loudly!

- This is a bag. The bag is big.

- That is a ruler. The ruler is long.

Read the sentences, and point what the sentences said!

- This is a bag. This is a ruler.

12 × 35 menit

- Alat peraga/gambar.

- Buku Bahasa Inggris Learning by Doing Kelas 1 Sekolah Dasar, Grafindo Media Pratama.

Writing

- Mengeja kosakata bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima dengan ejaan yang benar.

- Menyalin kosakata bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima.

Spelling

Names of Things in Classroom

- Mengeja kosakata berdasarkan gambar dengan ejaan yang benar.

- Menyalin dan mencocokkan kata dengan gambar yang sesuai.

- Menulis nama-nama alat tulis, kata sifat, atau materi terkait dengan benar dan sesuai gambar yang tepat.

- Peserta didik memperhatikan demonstrasi guru tentang bagaimana cara menulis huruf yang benar.

- Peserta didik berlatih menulis huruf-huruf sehingga membentuk kata benda sesuai gambar yang disediakan guru, dengan bimbingan guru.

- Peserta didik memperhatikan demonstrasi guru tentang bagaimana cara menyalin tulisan berbahasa Inggris.

- Peserta didik berlatih menyalin nama-nama benda/gambar yang telah disediakan oleh guru, dengan bimbingan guru dalam suatu permainan.

- Peserta didik memperhatikan demonstrasi guru tentang bagaimana cara menulis sifat-sifat benda dalam bahasa Inggris.

- Peserta didik berlatih menulis sifat-sifat benda/gambar yang telah disediakan oleh guru, dengan bimbingan guru dalam suatu permainan.

Ter tulis

Meniru jejak huruf dan menyalin.

- Trace the letters to get the names of the objects!

- Re-write the names of the objects!

- Re-write the character of the objects!

6 × 35 menit

- Alat peraga/gambar.

- Buku Bahasa Inggris Learning by Doing Kelas 1 Sekolah Dasar, Grafindo Media Pratama.



Mengetahui,

Kepala Sekolah SDN/MI ..................................

............................................

NIP.

........................., ........................................

Guru Mata Pelajaran

........................................

NIP.

0 komentar:

Posting Komentar

Buku Tamu

Blog Archive