SD : _____________________
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : III/1
Standar Kompetensi : 2. Mengungkapkan informasi sangat sederhana dalam
konteks sekolah
Kompetensi Dasar : 2.2 Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara
berterima yang melibatkan tindak tutur: menyebutkan
nama-nama benda, menyebutkan di mana seseorang
berada, dan menyebutkan kesukaan dan kepunyaan
Indikator : Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
2.1.1 menyebutkan nama-nama buah
2.1.2 menyebutkan di mana seseorang berada
2.1.3 menyebutkan kesukaan dan kepunyaan
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat bercakap-cakap untuk menyebutkan nama-
nama buah
2. Siswa dapat bercakap-cakap untuk menyebutkan di
mana
seseorang berada
3. Siswa dapat bercakap-cakap untuk menyebutkan
kesukaan dan kepunyaan
Metode Pembelajaran : 1. Siswa melakukan tanya jawab yang berkaitan
dengan materi
2. Siswa meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon
pertanyaan
3. Siswa dan guru membahas kosakata dan struktur
percakapan sesuai materi
4. Siswa melakukan latihan percakapan dalam bentuk
dialog
5. Siswa menggunakan ungkapan-ungkapan
percakapan sesuai materi dalam situasi nyata
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- Kegiatan Pendahuluan
· Guru memperlihatkan gambar besar yang mengilustrasikan bab yang dibahas.
· Guru bertanya pada siswa mengenai kegiatan yang terdapat dalam gambar dalam bahasa Inggris dan siswa menjawab.
- Kegiatan Inti
· Guru memberikan contoh dialog-dialog yang berkaitan dengan materi.
· Siswa melengkapi dialog-dialog yang masih kosong dalam buku teks.
· Siswa berlatih dialog-dialog tersebut dengan teman-temannya (latihan ini dapat dilakukan secara berpasangan ataupun berkelompok).
· Selama siswa berlatih, guru mengitari siswa dan mencatat kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa.
3. Kegiatan Penutup
· Guru memperbaiki kesalahan yang dilakukan siswa (kesalahan meliputi pengucapan, penyebutan kosakata, dan tata bahasa yang pada saat itu menjadi fokus bahasan).
· Guru menilai hasil kerja siswa dalam melengkapi dialog.
· Guru meminta beberapa siswa maju ke depan kelas untuk mempraktikkan dialog yang baru saja dilatih.
· Guru memberikan komentar dengan mengucapkan well done, good job, atau very good pada siswa yang berani maju ke depan agar mereka termotivasi.
Alat/Sumber Belajar:
- Buku teks Let’s Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 3, Esis
- Script percakapan yang terdapat dalam buku teks dan buku guru
- Alat peraga yang berkaitan dengan materi ajar
- Buku-buku lain yang relevan
Penilaian:
- Teknik: Tes lisan
- Bentuk: Tanya jawab
- Contoh instrumen:
Ask and answer the questions based on the situation or picture given.
(siswa secara berpasangan melakukan tanya jawab dengan menggunakan ungkapan-ungkapan yang telah dipelajari)
Mengetahui Kepala Sekolah NIP. | | Tangerang, 23 Juni 2010 Guru Bidang Studi HOLILLAH |
0 komentar:
Posting Komentar