Nama Sekolah : SD…..
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : III/2
Alokasi Waktu : 2 x Pertemuan (4 x 35 menit)
Standar Kompetensi : Listening
- Memahami Instruksi dan informasi sangat sederhana baik secara tindakan maupun bahasa dalam konteks sekolah
Speaking
- Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana tentang nama buah – buahan
- Memahami teks fungsional pendek dan deskriftif bergambar tentang nama buah – buahan dalam bahasa inggris
Writing
- Mengeja dan menuliskan nam buah – buahan dalam bahasa inggris
Kompetensi Dasar : Listening
- Merespon instruksi sangat sederhana dengan tindakan di dalam dan diluar kelas dan dalam permainan
Speaking
- Menirukan nama buah – buahan yang disebutkan
- Membaca nyaring teks fungsional pendek tentang nama buah-buahan dalam bahasa inggris
Witing
- Menulis teks fungsional sangat sederhana tentang nama buah – buahan dalam bahasa inggris
Indikator : - Mengidentifikasi nama – nama buah
- Merespons instruksi dengan menunjukkan gamabar buah yang ditawarkan dengan tepat
- Membaca dan memepelajari nama buah – buahan
- Memasangkan nama buah – buahan yang sesuai dengan gambar
- Membaca nyaring nama buah-buahan yang ada pada teks dengan pengucapan, lafal, dan intonasi yang tepat
- Mengidentifikasi nama buah-buahan yang sesuai dengan gambar
- Menuliskan nama buah-buahan dalam bahasa inggris berdasarkan gambar
- Menyusun huruf acak menjadi nama buah
I. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat
• mengidentifikasi nama-nama buah
• merespons instruksi dengan menunjukkan gambar buah yang
ditawarkan dengan tepat
• menggunakan ungkapan untuk menawarkan sesuatu pada orang lain
• membaca nyaring nama-nama buah yang ada pada teks
• membaca nyaring ungkapan-ungkapan untuk menawarkan sesuatu
• menyebutkan nama-nama buah yang ada pada gambar
• menuliskan ungkapan untuk menawarkan sesuatu dan responsnya
dengan ejaan yang tepat.
II. Materi Pokok
Nama buah – buahan (means of Fruits)
III. Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- Pemberian tugas
IV. Langkah – langkah Pembelajaran
A. Kegiatan awal
o Memberi salam
o Berdoa
o Mengabsen, mempersiapkan materi ajar
o Guru meminta siswa secara bergiliran untuk menyebutkan nama buah-buahan dalam bahasa Indonesia maupun bahasa inggris yang mereka ketahui
B. Kegiatan Inti
o Siswa diminta untuk membuka halaman yang memuat tentang gambar dan nama buah-buahan
o Guru melafalkan nama-nama buah; siswa menirukan.
o Guru menunjukkan buah-buahan tertentu pada siswa dan menanyakan namanya kepada siswa;siswa menyebutkan
o Siswa diminta untuk mencocokkan nama buah sesuai dengan gambarnya
C. Kegiatan Akhir
o Guru memperbaiki kesalahan yang dilakukan oleh siswa (kesalahan meliputi pengucapan, penyebutan kosakata, dan tata bahasa yang pada saat itu menjadi focus bahasan)
o Guru menilai hasil kerja siswa dalam mencocokkan nama buah yang sesuai dengan gambarnya
V. Alat dan Sumber Belajar
A. Alat peraga
- Kartu bergambar buah-buahan
- Karton bertulis
B. Sumber belajar
- ACTIVE ENGLISH A Fun and Easy English Book 3
VI. Penilaian
Aspek yang dinilai :
Mendengarkan : - Penggunaan ekspresi
- Pengucapan,tata bahasa, kosa kata
- Sikap
Membaca : - Pengucapan,tata bahasa, kosa kata
- Struktur teks
Menulis : - Ejaan,tanda baca,kerapian tulisan tangan
- Tata bahasa
Cara Penilaian :
1. Teknik : Lisan dan tertulis
2. Bentuk : Objektif dan non objektif
3. Instrumen :
Soal
Mencocokkan nama buah-buahan dalam bahasa inggris sesuai dengan gamabarnya!
Banana Strawberry
![]()
Banana




…………..,…………….
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Bahasa Inggris
……………………….. ………………………………
NIP. NIP.
0 komentar:
Posting Komentar