SD : _____________________
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : II/2
Standar Kompetensi : 8. Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris
sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta
didik
Kompetensi Dasar : 8.1 Menyalin kosakata bahasa Inggris sangat
sederhana secara tepat dan berterima dengan
ejaan yang benar
Indikator : 8.1.1 Menyalin dan mencocokkan kata dengan gambar
yang sesuai
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat menyalin dan mencocokkan kata dengan
gambar yang sesuai
Metode Pembelajaran : Siswa menyalin dan mencocokkan kosakata dengan
gambar
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
· Guru bertanya pada siswa mengenai hal yang berkaitan dengan topik bahasan. Sebagai contoh: guru bertanya apakah siswa senang berolahraga dan bermain musik ketika akan membahas tentang animals.
· Guru mengajak siswa mengingat kembali kosakata-kosakata yang berkaitan dengan topik bahasan.
2. Kegiatan Inti
· Guru meminta siswa mengerjakan latihan memberi nama-nama hewan yang terdapat pada gambar.
· Siswa dapat melakukan kegiatan ini secara individual atau berpasangan.
· Pada saat siswa melakukan kegiatan ini, guru mengitari siswa dan melihat apakah setiap siswa sudah menulis nama-nama hewan dengan ejaan yang benar.
3. Kegiatan Penutup
· Guru membahas hasil pekerjaan siswa bersama-sama.
· Sebagai latihan tambahan, guru dapat memanggil siswa secara acak dan meminta siswa menulis nama-nama olahraga dan alat musik berdasarkan gambar atau benda yang guru pegang di papan tulis.
· Guru mengingatkan siswa kembali mengenai ejaan yang benar yang berkaitan dengan kosakata yang dipelajari siswa.
Alat/Sumber Belajar:
- Buku teks learn English with tito, for elementary school grade 2
- Buku-buku lain yang relevan
- Alat peraga yang berkaitan dengan materi ajar
Penilaian:
- Teknik: Tes tulis
- Bentuk: Menyalin kosakata sesuai dengan gambar
- Contoh instrumen:
Write names of the animals
Mengetahui, ………………,………………………
Kepala SD …………………… Guru Bahasa Inggris
(________________________) (_______________________)
0 komentar:
Posting Komentar