SD : _____________________
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : II/1
Standar Kompetensi : 1. Memahami instruksi sangat sederhana dengan
tindakan dalam konteks sekitar peserta didik
Kompetensi Dasar : 1.2 Merespon dengan melakukan tindakan sesuai
instruksi secara berterima
Indikator : 1.2.1 Merespon dengan memperagakan instruksi
instruksi yang didengar
Merespon dengan melengkapi kalimat yang
kosong
Merespon dengan mewarnai gambar
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat memperagakan instruksi-instruksi yang
didengar dengan benar
2. Siswa dapat melengkapi kalimat yang kosong
berdasarkan instruksi dengan benar
3. Siswa dapat mewarnai gambar berdasarkan
instruksi dengan benar
Metode Pembelajaran : 1. Siswa memperagakan instruksi-instruksi yang
diberikan oleh guru atau didengar dari kaset/CD
bersama-sama
2. Siswa melengkapi kalimat berdasarkan apa yang
dikatakan guru atau yang didengar dari kaset/CD
3. Siswa mewarnai gambar berdasarkan apa yang
dikatakan guru atau yang didengar dari kaset/CD
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- Kegiatan Pendahuluan
· Guru memperlihatkan gambar besar yang mengilustrasikan topik bab yang dibahas.
· Guru bertanya pada siswa kegiatan apa saja yang ada dalam gambar.
- Kegiatan Inti
· Siswa diminta memperagakan instruksi-instruksi yang diberikan oleh guru atau didengar dari kaset/CD secara bersama-sama (sebagai permulaan, guru dapat memberi contoh dalam memperagakan instruksi yang diberikan).
· Siswa diminta melengkapi kalimat berdasarkan apa yang dikatakan oleh guru atau yang didengar dari kaset/CD (siswa dapat melakukan kegiatan ini secara individual).
· Siswa diminta mewarnai gambar berdasarkan apa yang dikatakan guru atau yang didengar dari kaset/CD (selama kegiatan ini, guru mengitari siswa dan melihat apakah siswa mewarnai gambar dengan warna yang benar).
- Kegiatan Penutup
· Guru menunjuk siswa secara acak untuk memperagakan instruksi yang diberikan.
· Guru menilai hasil kerja siswa dalam melengkapi kalimat dan mewarnai gambar.
Alat/Sumber Belajar:
- Buku teks Let’s Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 2, Esis
- Gambar-gambar atau benda-benda yang berkaitan dengan materi ajar
- Rekaman kaset/CD
- Buku-buku lain yang relevan
Penilaian:
- Teknik: Unjuk kerja
- Bentuk: Responding
- Contoh instrumen:
Listen to the instructions and follow them..
Guru: Say, “Happy Birthday!”
Murid: (mengucpkan “Happy Birthday!”)
- Teknik: Tes tulis
- Bentuk: Melengkapi
- Contoh instrumen:
Listen to the sentences and complete them.
It is ___ ____________.
- Teknik: Tes tulis
- Bentuk: Mewarnai
- Contoh instrumen:
Listen to the speaker and colour the picture.
(terdapat gambar yang harus diwarnai siswa)
Mengetahui, Tangerang, 23 Juni 2010
Kepala SD …………………… Guru Bahasa Inggris
(________________________) (N A I L A TINA ZAKIYA )
0 komentar:
Posting Komentar