Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : III/I
Pertemuan/Unit : 1-2
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit
Standar Kompetensi : 4. Mengeja dan menyalin tulisan bahasa inggris sangat
sederhana dalam konteks sekolah
Kompetensi Dasar : 4.1 Mengeja kosakata bahasa Inggris sangat sederhana secara
tepat dan berterima dengan ejaan yang benar
Indikator : 4.1.1 Mengeja kosakata berdasarkan gambar dengan ejaan yang
benar
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat mengeja kosakata berdasarkan gambar dengan ejaan yang benar
II. Materi Ajar
1. Kosakata sangat sederhana terkait dengan nama-nama benda yang ada di kamar tidur (My Bedroom)
III. Metode Pembelajaran
1. Siswa mengeja kosakata materi terkait berdasarkan gambar yang terdapat dalam buku teks
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Guru memberikan salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmallah dan kemudian berdoa sebelum memulai pelajaran.
b. Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dan tujuan atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
c. Guru memotivasi dan mengajak siswa untuk berpartisifasi aktif dalam pembelajaran
d. Guru bertanya pada siswa mengenai hal yang berkaitan dengan topik bahasan. Sebagai contoh: guru bertanya sebutkan nama-nama benda yang ada di kamar tidur, ketika akan membahas kosakata mengenai nama-nama benda yang ada di kamar tidur.
e. Guru mengajak siswa mengingat kembali kosakata-kosakata yang berkaitan dengan topik bahasan.
2. Kegiatan Inti
a. Guru meminta siswa mengerjakan latihan memberi nama-nama benda yang ada di kamar tidur yang terdapat pada gambar.
b. Siswa dapat melakukan kegiatan ini secara individual atau berpasangan.
c. Pada saat siswa melakukan kegiatan ini, guru mengitari siswa dan melihat apakah setiap siswa sudah menulis nama-nama benda dengan ejaan yang benar.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru membahas hasil pekerjaan siswa bersama-sama.
b. Sebagai latihan tambahan, guru dapat memanggil siswa secara acak dan meminta siswa menulis nama-nama benda yang ada di kamar tidur di papan tulis.
c. Guru mengingatkan siswa kembali mengenai ejaan yang benar yang berkaitan dengan kosakata yang dipelajari siswa.
d. Guru menilai / merefleksi kegiatan pembelajaran yang sudah dilaksanakan.
e. Guru bersama-sama siswa menutup pelajaran dengan membaca hamdallah, dan mengucapkan salam kepada siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
V. Sumber, Bahan, Alat
1. Buku teks Speed Up English Untuk kelas 3 SD, Dra. Rita Kurniawan.
2. Buku-buku lain yang relevan
3. Alat peraga yang berkaitan dengan materi ajar
VI. Penilaian
a. Teknik : Tes tulis
b. Bentuk : Menulis kosakata dengan ejaan yang benar
c. Contoh instrumen
0 komentar:
Posting Komentar