RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah : SD ...

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris

Kelas/Semester : V/1

Pertemuan/Unit : 3-4/1

Alokasi Waktu : 2 x Pertemuan (4 x 35 menit)

Standar Kompetensi :

1. Listening

• Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks sekolah.

2. Speaking

• Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks sekolah.

3. Reading

• Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks sekolah.

4. Writing

• Memahami tulisan bahasa Inggris dengan teks deskriptif bergambar sangat sederhana dalam konteks sekolah.

Kompetensi Dasar:

1. Listening

• Merespons instruksi sangat sederhana berkenaan dengan meminta dan memberi informasi tentang profesi dengan tindakan secara berterima dalam konteks kelas dan sekolah.

• Merespons instruksi sangat sederhana berkenaan dengan meminta dan memberi informasi profesi secara verbal.

2. Speaking

• Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks sekolah.

• Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur meminta dan memberi informasi tentang profesi.

3. Reading

• Memahami tulisan bahasa Inggris dengan teks deskriptif bergambar sangat sederhana dalam konteks sekolah.

• Membaca nyaring dengan ucapan, tekanan, dan intonasi secara tepat dan berterima tentang ungkapan perkenalan.

• Memahami kalimat ungkapan perkenalan secara tepat dan berterima.

4. Writing

Mengeja dan menyalin kalimat sangat sederhana dalam konteks sekolah.

• Mengeja kalimat sederhana tentang profesi secara tepat dan berterima.

• Menyalin dan menulis kalimat sangat sederhana tentang profesi secara tepat dan berterima.

Indikator :

- Mengidentifikasi nama-nama profesi

- Merespons instruksi dengan menghubungkan profesi dengan gambar sesuai dengan yang diperdengarkan

- Meragakan percakapan meminta dan memberi informasi tentang profesi dengan pengucapan, lafal, dan intonasi yang tepat

- Bertanya jawab tentang profesi pada gambar dengan teman dengan pengucapan, lafal, dan intonasi yang tepat

- Membaca nyaring teks deskriptif bergambar tentang profesi dengan pengucapan, lafal, dan intonasi yang tepat

- Mengeja dan menyalin kalimat tentang profesi tokoh dalam gambar

- Menuliskan kalimat tentang profesi tokoh yang dijumpai di sekitar siswa.

I. Tujuan Pembelajaran :

Siswa dapat berinteraksi secara lisan dan tertulis dengan guru dan teman dalam bahasa Inggris dalam hal bertukar informasi tentang profesi.

II. Materi Ajar

He is a Librarian .

Tema : Names of professions; Asking and giving information

III. Metode Pembelajaran

Demonstrasi, Tanya jawab

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan Ke-3

A. Kegiatan Awal (5 menit)

1. Guru memberi salam; siswa menjawab salam.

2. Guru memajang gambar seseorang dengan beberapa atribut yang merepresentasikan pekerjaannya, seperti atribut polisi, dokter, perawat dan sebagainya.

3. Guru bertanya kepada siswa tentang nama pekerjaan yang dapat mereka tebak melalui atribut tersebut.

4. Guru menjelaskan bahwa dalam pertemuan tersebut siswa akan belajar mengenai berbagai profesi.

B. Kegiatan Inti (50 menit)

Listening (25 menit)

1. Guru memajang beberapa gambar yang masing-masing mempunyai atribut untuk nama pekerjaan mereka, misalnya gambar dokter, tentara, petugas pemadam kebakaran dan sebagainya.

2. Guru membaca nama-nama pekerjaan tersebut; siswa menirukan

3. Guru menerangkan nama profesi dan tugasnya; siswa meperhatikan.

4. Siswa diminta mengidentifikasi tugas beberapa profesi yang dibacakan guru.

5. Guru dan siswa mengerjakan aktivitas dalam Have Fun pada bagian Listen and Repeat.

Speaking (25 menit)

1. Guru meragakan dialog; siswa menirukan.

2. Guru menunjuk beberapa pasang siswa meragakan; siswa yang ditunjuk meragakan.

3. Guru menjelaskan sedikit tentang struktur kalimat; siswa memerhatikan.

4. Siswa berpasangan membawakan percakapan pada Practice bagian Speak.

C. Kegiatan Akhir (15 menit)

1. Siswa secara berpasangan melakukan role play dengan kartu nama pekerjaan untuk bertanya jawab tentang nama pekerjaan masing-masing.

2. Siswa secara berpasangan berinteraksi untuk bertanya jawab tentang nama pekerjaan orang ketiga.

Pertemuan Ke-4

A. Kegiatan Awal (10 menit)

1. Guru mengucapkan salam; siswa menjawab salam.

2. Guru memajang gambar kartu identitas kosong yang besar atau menunjukkan macam-macam kartu identitas; siswa memerhatikan.

3. Guru bertanya kepada siswa pekerjaan orang-orang dalam kartu identitas tersebut.

4. Guru menjelaskan bahwa dalam pertemuan tersebut siswa akan melanjutkan belajar identitas diri khususnya nama profesi.

B. Kegiatan Inti (50 menit)

Reading (25 menit)

1. Guru membaca beberapa teks pendek yang mendeskripsikan beberapa orang yang berbeda.

2. Siswa diminta membaca teks yang sama, secara bersama-sama maupun individual.

3. Guru menerangkan kosakata yang digunakan di dalam teks tersebut.

4. Siswa secara bersama-sama diminta menjawab beberapa pertanyaan berkaitan dengan teks-teks pendek tersebut.

5. Guru mengecek hasilnya secara acak ke seluruh kelas.

6. Guru memantau siswa yang berkelompok menempel gambar profesi.

Writing (25 menit)

1. Guru menjelaskan ulang konstruksi gramatika dari ekspresi yang digunakan untuk mendeskripsikan seseorang khususnya yang berkaitan dengan jenis pekerjaan.

2. Siswa diminta untuk mengerjakan aktivitas yang ada pada Write; guru mengecek konstruksi gramatika kalimat siswa.

3. Siswa secara bergiliran diminta untuk membacakan hasil kegiatan.

C. Kegiatan Akhir (10 menit)

1. Siswa secara individual diminta untuk membuat kartu identitas diri mereka dengan dilengkapi foto mereka masing-masing dan nama pekerjaan yang menjadi cita-cita mereka, misalnya dokter, guru, pilot dan sebagainya.

2. Bilamana tidak memungkinkan, permainan hangman menebak namaprofesi dapat diberikan. Guru meminta siswa menebak per huruf secaraberkelompok. Satu kesalahan mengurangi satu anggota badan mulai dari kaki hangman.

V. Sumber, Bahan, Alat

- ACTIVE ENGLISH A Fun and Easy English Book 5

- Kartu gambar, gunting, dan lem

VI. Penilaian

Aspek yang dinilai:

1. Mendengarkan/Berbicara :

- Pengucapan, tata bahasa, kosakata

- Sikap dan ekspresi

2. Membaca :

- Pengucapan, tata bahasa, kosakata

- Sikap berbahasa

3. Menulis :

- Ejaan dan kerapian tulisan tangan

Cara Penilaian :

1. Teknik : Tes lisan/tertulis

2. Bentuk : Pilihan ganda, essay

3. Instrumen :

Soal

1. Who is this?

a. Teacher b. Doctor c. Pilot d. Farmer

2. Who is this?

a. Teacher b. Doctor c. Pilot d. Farmer

3. Who is this?

a. Farmer b. Pilot c. Atlet d. Teacher

……….,………………

Megetahui

Kepala Sekolah Guru Bidang Studi

Guru Bidang Studi

( ) ( ) ( )

0 komentar:

Posting Komentar

Buku Tamu

Blog Archive