RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah : SD PANONGAN I

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris

Kelas/Semester : I/1

Pertemuan/Unit : 3 dan 4 / 1

Alokasi Waktu : 2 x Pertemuan (4 x 35 menit)

Standar Kompetensi

dan Kompetensi Dasar : 1. Listening

Melakukan kegiatan sesuai instruksi dengan menggunakan huruf.

Menuliskan huruf sesuai yang didengar.

2. Speaking

Menyebutkan huruf dalam bahasa Inggris.

Mengeja nama diri dan nama orang lain.

Memperkenalkan nama diri.

Tanya jawab tentang nama.

3. Reading

Siswa dapat membaca nyaring huruf dan nama-
nama dalam bahasa Inggris.

4. Writing

Mengeja dan menyalin huruf dan menyusun nama.

Indikator : Siswa dapat :

melafalkan huruf dalam bahasa Inggris dengan pengucapan yang benar;

mengeja nama diri dan orang lain dengan pengucapan dan intonasi yang benar;

menuliskan huruf sesuai yang didengarkan dengan benar;

menggunakan ungkapan-ungkapan untuk menanyakan ejaan;

menyebut nama diri dalam kalimat lengkap dengan pengucapan dan intonasi yang benar;

menanyakan nama seseorang dengan pengucapan dan intonasi yang benar.

I. Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat berinteraksi secara lisan dan tertulis dengan guru dan teman dalam bahasa Inggris terkait dengan mengeja huruf, memperkenalkan nama diri, dan mengeja nama.

II. Materi Ajar : My name is Pedro
Tema : Alphabet

III. Metode Pembelajaran:

Tatap Muka

Mendapatkan model-model pengucapan dan tindakan dari guru, terutama dalam:

melafalkan huruf A – Z dalam bahasa Inggris;

meminta seseorang untuk melafalkan nama;

melafalkan nama;

bertanya jawab tentang nama.

Terstruktur

Menghafal pelafalan huruf A - Z.

Melafalkan nama diri dan orang lain.

Mandiri

Mengeja nama di luar yang ditugaskan guru.

Mengenalkan nama diri.

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan Ke-3

A. Kegiatan Awal (10 menit)

1. Guru memberi salam; siswa menjawab salam.

2. Guru meminta 5 siswa untuk mengeja nama panggilan mereka sendiri dalam Bahasa Indonesia secara bergiliran.

3. Guru menanyakan apabila mereka tahu bagaimana mengeja nama dalam bahasa Inggris; siswa merespons pertanyaan.

4. Guru menjelaskan bahwa dalam pertemuan tersebut siswa akan belajar melafalkan huruf dalam bahasa Inggris, tanya jawab tentang nama, melafalkan nama; siswa mendengarkan.

B. Kegiatan Inti (60 menit)
Listening (30 menit)

1. Guru menulis huruf A sampai Z di papan tulis.

2. Guru melafalkan huruf A-Z dalam bahasa Inggris sambil menunjuk huruf yang sesuai. Satu huruf diucapkan berulang (2 kali); siswa mendengarkan. Pengucapan y (wai) dan w (dablu:) perlu mendapat perhatian lebih.

3. Guru melafalkan huruf A-Z dalam bahasa Inggris sambil menunjuk huruf yang sesuai. Satu huruf diucapkan berulang (2 kali); siswa secara bersama-sama menirukan ucapan guru, huruf per huruf. Satu huruf diucapkan berulang (3 kali).

4. Guru mengulang kegiatan (1) dan ditirukan oleh siswa pada bangku deret tertentu. Diusahakan semua deret mendapat giliran; siswa dalam deret tertentu secara bersama-sama menirukan ucapan guru, huruf per huruf. (Kegiatan ini dapat digunakan untuk memeriksa jika ada siswa yang masih kesulitan mengucapkan kata tertentu.).

5. Guru mengulang kegiatan (2) hanya untuk siswa yang masih mengalami kesulitan mengucapkan huruf tertentu; siswa yang mengalami kesulitan menirukan guru.

6. Guru melafalkan dialog yang ada pada bagian listen and repeat kalimat per kalimat. 1 kalimat diulang 2 kali; siswa secara bersama-sama menirukan pelafalan.

7. Guru menjelaskan arti dan fungsi per kalimat, misalnya My name is ... artinya ...; digunakan untuk memperkenalkan diri; siswa mendengarkan.

8. Guru mengulang kegiatan (6), ditirukan oleh siswa pada bangku deret tertentu. Diusahakan semua deret mendapat giliran; siswa dalam deret tertentu secara bersama-sama menirukan ucapan guru, kalimat per kalimat. (Kegiatan ini dapat digunakan untuk memeriksa jika ada siswa yang masih kesulitan mengucapkan kata tertentu.).

Speaking (30 menit)

1. Guru bertanya pada beberapa siswa secara bergiliran, menggunakan perta-nyaan: What is your name? dan How do you spell your name?; siswa menjawab pertanyaan dengan menggunakan ekspresi My name is .... Catatan: Aktivitas (1) dilakukan di depan kelas dengan menggunakan bahasa tubuh yang diperlukan ketika berkenalan.

2. Siswa mempraktikkan bertanya jawab tentang nama dan mengeja nama seperti kegiatan (1) dengan teman sebangku; guru mengamati dan memerhatikan pelafalan dan intonasi siswa.

3. Guru meminta siwa mencermati have fun pada halaman 17 dan menjelaskan kegiatan, yaitu menuliskan nama anggota keluarga dalam bagan keluarga; siswa memerhatikan gambar dan mendengarkan keterangan guru.

4. Siswa menuliskan anggota keluarga; guru mencermati.

5. Guru meminta 10 siswa untuk melafalkan nama anggota keluarga, dengan memberikan pertanyaan How do you spell your……… name dan menunjuk gambar yang sesuai, sehingga siswa tahu nama siapa yang harus dilafalkan (mengingat siswa belum diperkenalkan tentang sebutan anggota keluarga); siswa yang ditunjuk mengeja nama anggota keluarga secara bergiliran.

Pertemuan Ke-4

A. Kegiatan Awal (10 menit)

1. Guru memberi salam; siswa menjawab salam.

2. Guru menuliskan satu nama di papan tulis dan meminta siswa untuk mengejanya; siswa mengeja bersama-sama.

3. Guru memanggil 3 siswa untuk memperkenalkan diri dan mengeja namanya.

4. Guru mengajak siswa menuliskan ungkapan perkenalan.

B. Kegiatan Inti (50 menit)
Reading (25 menit)

1. Guru membaca kalimat per kalimat yang ada pada bagian read; siswa menirukan kalimat per kalimat.

2. Siswa mengeja nama yang ada pada practice bagian read per kelompok (1 kelompok terdiri dari 5 siswa). Guru mencermati pengucapan siswa dan memberikan pembetulan jika siswa salah dalam pengucapan.

3. Lima siswa secara bergiliran melakukan aktifitas (2); guru mencermati pengucapan siswa dan memberikan pembetulan jika siswa salah dalam pengucapan.

Writing (25 menit)

1. Guru mencontohkan cara menyusun huruf menjadi nama.

2. Siswa berlatih menyusun huruf-huruf menjadi nama.

3. Siswa mencari 3 warna lain dan mengejanya.

C. Kegiatan Akhir (10 menit)

1. Guru bertanya pada 5 siswa secara bergiliran menggunakan pertanyaan What is your name? dan How do you spell your name? Siswa menjawab pertanyaan dengan menggunakan ekspresi My name is ....

2. Guru menugaskan siswa melakukan kegiatan dalam bagian let us relax di rumah.

V. Sumber, Bahan, dan Alat: Buku Active English PT. Tiga Serangkai KTSP 2006 Gambar

Relevan, kartu angka, kartu alfabeth dan pensil warna.

Penilaian

Aspek yang dinilai:

Mendengarkan/Berbicara : - Penggunaan ekspresi

- Pengucapan, kosakata, lafal, intonasi

- Sikap keberanian

Membaca : - Pengucapan, lafal, intonasi

- Kelancaran

- Sikap berbahasa

Menulis : - Ejaan, kerapian tulisan tangan
Cara Penilaian : - Tes lisan/ tertulis

- Observasi kelas

- Penilaian guru

Mengetahui Dilaksanakan, ……………………..

Kepala Sekolah, Guru Kelas,

(__________________) (___________________)

NIP.________________ NIP._________________

0 komentar:

Posting Komentar

Buku Tamu

Blog Archive