Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah : SD ...
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VI/1
Pertemuan/Unit : 3–4/1
Alokasi Waktu : 2 x Pertemuan (4 x 35 menit)
Standar Kompetensi
dan Kompetensi Dasar: 1. Listening
• Memahami instruksi dan informasi sangat
sederhana baik secara tindakan maupun bahasa
dalam konteks sekitar peserta didik.
• Merespons instruksi sangat sederhana dengan
tindakan secara berterima dalam kegiatan dan permainan
di dalam dan luar kelas.
• Memahami cerita lisan secara berterima dengan
bantuan gambar.
2. Speaking
• Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat
sederhana dalam konteks sekitar peserta didik.
• Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara
berterima yang melibatkan tindak tindak tutur
menanyakan dan memberikan informasi tentang
keadaan cuaca.
3. Reading
• Memahami teks fungsional pendek dan deskriptif
bergambar sangat sederhana dalam konteks
sekitar peserta didik.
• Membaca nyaring teks fungsional pendek sangat
sederhana dengan ucapan dan intonasi yang tepat
dan berterima.
• Memahami teks deskriptif bergambar sangat
sederhana dalam konteks sekitar peserta didik.
4. Writing
• Menulis teks fungsional pendek sangat sederhana
dalam konteks sekitar peserta didik.
• Menulis teks fungsional pendek sangat sederhana
secara berterima.
30 KTSP Active English SD 6
Indikator: Siswa dapat:
• mengidentifikasi dan menirukan pengucapan keadaan cuaca dengan
tepat;
• merespons instruksi dengan menandai gambar sesuai dengan keadaan
cuaca yang disebutkan;
• bertanya jawab tentang keadaan cuaca;
• meragakan percakapan tentang keadaan cuaca dengan pengucapan,
lafal, dan intonasi yang tepat;
• bertanya jawab tentang keadaan cuaca dengan teman;
• membaca nyaring teks deskriptif bergambar tentang keadaan cuaca
dengan pengucapan, lafal, dan intonasi yang tepat;
• menjawab pertanyaan pemahaman dengan tepat;
• mencocokkan keadaan cuaca dengan simbol;
• menuliskan keadaan cuaca di kota-kota tertentu dengan ejaan yang
benar;
• mendeskripsikan keadaan cuaca di kota masing-masing;
• menggolongkan keadaan cuaca berdasarkan musim.
I. Tujuan Pembelajaran: Siswa dapat berinteraksi secara lisan dan tertulis
dengan guru dan teman terkait dengan memberi dan
menjawab salam, menanyakan kabar, dan memperkenalkan
diri dan orang lain.
II. Materi Ajar : How’s the Weather?
Tema : Weather; Asking and giving information
III. Metode Pembelajaran:
Tatap Muka
Mendapatkan model-model pengucapan dan tindakan dari guru, terutama
dalam:
• menirukan pengucapan kata tentang cuaca;
• menirukan ekspresi untuk mendeskripsikan kondisi cuaca;
• bertanya jawab tentang kondisi cuaca suatu tempat;
• mendengarkan pembacaan teks pendek deskripsi tentang kondisi cuaca;
• mengidentifikasi tulisan dan simbol cuaca.
Terstruktur
• Menghafalkan kata-kata dan ekspresi untuk mendeskripsikan cuaca.
• Menghafalkan dialog tentang keadaan cuaca di suatu tempat.
• Menjawab pertanyaan pemahaman bacaan.
• Menulis teks pendek yang mendeskripsikan cuaca di suatu tempat.
KTSP Active English SD 6 31
Mandiri
• Menggunakan ekspresi untuk mendeskripsikan cuaca dalam aktivitas
sehari-hari.
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-3
A. Kegiatan Awal (5 menit)
1. Guru memberi salam; siswa menjawab salam.
2. Guru menanyakan cuaca pada hari pembelajaran; siswa merespons.
3. Guru mengajak siswa mengajak siswa mengenali macam-macam cuaca
dalam bahasa Inggris.
B. Kegiatan Inti (50 menit)
Listening (25 menit)
1. Guru melafalkan nama-nama cuaca pada Listen and Repeat; siswa
menirukan.
2. Guru menyebutkan nama cuaca; siswa menandai simbol cuaca pada
Practice sesuai dengan disebutkan guru.
3. Siswa bertanya pada guru How’s the weather? dan menghubungkan
gambar pada sisi kanan dengan gambar pada sisi kiri sesuai dengan
jawaban yang diberikan oleh guru.
Speaking (25 menit)
1. Guru melafalkan dialog pada Speak; siswa menirukan.
2. Guru meminta siswa untuk mempraktikkan dialog dengan teman
sebangku dilanjutkan dengan tampil di depan kelas; siswa mempraktikkan.
3. Siswa berpasangan bertanya jawab tentang cuaca kota yang dipilih.
C. Kegiatan Akhir (15 menit)
Guru bertanya cuaca di sekolah dan tempat-tempat lain pada siswa.
Pertemuan Ke-4
A. Kegiatan Awal (10 menit)
1. Guru mengucapkan salam; siswa menjawab salam.
2. Guru menanyakan nama-nama cuaca yang telah dipelajari.
B. Kegiatan Inti (50 menit)
Reading (25 menit)
1. Guru membaca nyaring teks ditirukan siswa dan diikuti membaca
nyaring sendiri.
2. Siswa menjawab pertanyaan pemahaman berdasarkan bacaan; guru
mencermati.
32 KTSP Active English SD 6
3. Siswa mencocokkan keadaan cuaca dengan simbol yang tepat; guru
mencermati.
Writing (25 menit)
1. Siswa menulis deskripsi keadaan cuaca di kota-kota tertentu sesuai
dengan contoh.
2. Siswa menggambar simbol cuaca yang sesuai dengan keadaan di kota
masing-masing dan mendeskripsikan dalam tulisan.
3. Siswa menggolongkan keadaan cuaca berdasarkan musim.
C. Kegiatan Akhir (10 menit)
Siswa mendengarkan pembacaan komik dan mengapresiasi cerita.
V. Sumber, Bahan, Alat: ACTIVE ENGLISH A Fun and Easy English Book 6
Krayon/pensil
VI. Penilaian
Aspek yang dinilai:
Mendengarkan/Berbicara: - Pengucapan, tata bahasa, kosakata
- Sikap dan ekspresi
Membaca : - Pengucapan, tata bahasa, kosakata
- Sikap berbahasa
Menulis : - Ejaan dan kerapian tulisan tangan
Cara Penilaian : - Tes lisan/tertulis
- Observasi kelas
- Penilaian guru
Format penilaian dapat dilihat pada lampiran.
0 komentar:
Posting Komentar