Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/ Semester :I/I
Pertemuan : 3
Alokasi Waktu : 2X 35 menit
I. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar :
1. Listening
· Merespon kegiatan sesuai intruksi sesuai dengan warna.
· Mengidentifikasi warna.
2. Speaking
· Mengungkapkan intruksi sederhana.
· Menyebutkan warna.
· Bertanya jawab tentang warna suatu benda.
3. Reading
· Membaca nyaring kata tentang warna.
· Mengenali tulisan kata tentang warna.
4. Writing
· Mengeja, menyalin, dan menuliskan kata tentang warna.
II. Indikator : Siswa dapat :
· Merespon intruksi dengan melakukan kegiatan dengan benar.
· Menyebutkan nama warna dengan pengucapan dan intonasi yang benar.
· Bertanya jawab tentang warna denagn pengucapan, intonasi, dan tata bahasa yang benar.
· Membaca nyaring kata tentang warna dengan pengucapan dan intonasi yang benar.
· Menunjukan tulisan warna dengan benar.
· Menuliskan kata tentang warna dengan ejaan yang benar.
III. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat berinteraksi secara lisan dan tertulis dengan guru dan teman dalam bahasa inggrissederhana mengenai warna.
IV. Materi Ajar : Colours
Tema : Kinds of colour ( terlampir )
V. Metode Pembelajaran :
1. Tatap Muka
Mendapatkan model-model pengucapan dan tindakan dari guru, terutama dalam :
· Menyebutkan warna
· Bertanya jawab tentang warna
2. Terstruktur
· Menulis warna
· Menghafal warna
· Mewarnai gambar
3. Mandiri
· Menyebutkan warna dalam bahasa inggris di luar kelas, dihadapan teman, atau anggota keluarga.
· Bertanya jawab tentang warna suatu benda di luar kelas dengan teman.
VI. Langkah-langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
- Guru memberi salam, siswa menjawab salam.
- Guru menayakan kembali pelajaran pada pertemuan sebelumnya.
- Guru menanyakan warna pada daun, jeruk batang pohon, bendera Indonesia, siswa menyebutkan.
- Guru menjelaskan bahwa dalam pertemuan hari ini akan belajar tentang warna, siswa mendengarkan.
B. Kegiatan Inti
- Guru menunjukan kertas berwarna merah, biru, hijau, kuning, ungu, coklat, putih, abu-abu, hitam satu persatu dan menyebutkan warna kertas yang ditunjukan pada siswa dengan pengucapan dan intonasi yang benar.
- Guru mengulangi kegiatan diatas ditirukan oleh siswa, dan mengulang sekali lagi untuk siswa yang masih mengalami kesulitan dalam mengucapkan warna tertentu.
- Guru menunjukan gambar berwarna, dan bertanya” what colour is it ?”, siswa menjawab.
- Guru meminta siswa untuk maju kedepan secara bergantian untuk menunjukan warna yang disebutkan oleh guru.
- Guru menunjukan gambar dan meminta siswa untuk mewarnai sesuai intruksi guru, siswa mewarnai.
- Guru menyebutkan nama benda yang ada pada gambar, sambil menunjukan gambar satu persatu .
- Guru memberi penjelasan tentang warna dalam gambar.
Contoh : The apple is red, sambil menunjukan kertas warna tersebut.
- Guru menuliskan warna red, blue, green, yellow, purple, brown, white, grey, and black dipapan tulis dengan tulisan yang benar, siswa memperhatikan.
- Guru membaca nyaring tulisan warna tertentu sambil menunjukan kertas warna yang sesuai, siswa menirukan membaca nyaring.
- Guru mengulang kegiatan diatas untuk ditiru siswa dalam deret bangku tertentu atau siswa tertentu.
C. Kegiatan Akhir
- Guru menunjukan tulisan warna dipapan tulis,siswa membaca.
- Guru menunjukan kertas berwarna, siswa menyebutkan warna kertas tersebut.
- Guru memberikan pekerjaan rumah.( terlampir )
VII.Sumber, Bahan, dan Alat :
- Buku Bahasa Inggris kelas I
- Kertas berwarna
- Pensil warna
- Buku bergambar yang relevan
VIII. Penilaian
Aspek yang dinilai :
Mendengarkan/ berbicara :
- Penggunaan ekspresi
- Pengucapan, lafal, intonasi, kosakata
- Sikap
Membaca :
- Pengucapan, lafal, intonasi, kosakata, kelancaran
- Sikap berbahasa
Menulis :
- Ejaan, kerapian tulisan tangan
Cara Penilaian :
- Tes lisan/tertulis
- Observasi kelas
- Penilaian guru
Mengetahui, ………………,………………………
Kepala SD …………………… Guru Bahasa Inggris
(________________________) (_______________________)
0 komentar:
Posting Komentar