Rencana Pelaksanaan Pembelajaran


Nama Sekolah : SD ...

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris

Kelas/Semester : I/1

Pertemuan/Unit : 1 dan 2/Starting Point

Alokasi Waktu : 2 x Pertemuan (4 x 35 menit)


Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar : 1. Listening

  • Melakukan kegiatan sesuai instruksi yang didengar.

  • Merespons salam sesuai yang didengar.

2. Speaking

  • Menirukan ungkapan salam dan responsnya.

  • Memberi dan menjawab salam sesuai dengan waktu.

3. Reading

  • Memahami tulisan salam dalam bahasa Inggris.

  • Membaca nyaring salam dan responsnya.

4. Writing

  • Mengeja dan menyalin tulisan salam.

  • Mewarnai gambar

  • Menebalkan tulisan yang berkaitan dengan mareri


Indikator: Siswa dapat:

  • melakukan kegiatan sesuai instruksi;

  • memberi salam sesuai dengan waktu dengan pengucapan dan intonasi yang benar;

  • membalas salam dengan pengucapan dan intonasi yang benar;

  • membaca nyaring tulisan salam dengan pengucapan dan intonasi yang benar;

  • menyalin tulisan salam dengan ejaan yang benar.

  • Menebalkan tulisan yang berkaitan dengan mareri

  • Mewarnai gambar berkaitan dengan materi.


I. Tujuan Pembelajaran :

  1. Siswa dapat berinteraksi secara lisan dan tertulis dengan guru dan teman dalam bahasa Inggris sangat sederhana terkait dengan mengucapkan dan membalas salam.

II. Materi Ajar

Tema : Greeting

III. Metode Pembelajaran :

Tatap Muka

Mendapatkan model-model pengucapan dan tindakan dari guru, terutama dalam:

  • mengucapkan salam sesuai waktu;

  • membalas salam.


Terstruktur

  • Menyalin kata-kata.

  • Menghafal berbagai jenis salam.

Mandiri

  • Menggunakan salam untuk menyapa teman atau guru di luar kelas.

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan Ke-1

A. Kegiatan Awal (10 menit)

  1. Guru memberi salam dalam bahasa Indonesia; siswa menjawab salam.

  2. Guru memberikan pengantar, misalnya ucapan selamat karena siswa menempuh jenjang pendidikan baru atau hal-hal yang akan dipelajari dalam bahasa Inggris, dsb.

Catatan:Pengantar diupayakan disampaikan seantusias mungkin sehingga siswa juga akan antusias mengikuti pelajaran.

  1. Guru menanyakan jika siswa tahu bagaimana memberi salam dalam bahasa Inggris; siswa merespons pertanyaan.

  2. Guru menjelaskan bahwa dalam pertemuan tersebut siswa akan belajar beberapa salam dalam bahasa Inggris sesuai waktu.

B. Kegiatan Inti (60 menit)

Listening (30 menit)

  1. Guru meminta siswa untuk mencermati gambar pada bagian listen and repeat; siswa menyimak gambar.

  2. Guru bertanya tentang aktivitas orang yang ada pada gambar dan waktunya, pagi, sore, siang, atau malam; siswa menjawab. Dalam kegiatan ini, ada kemungkinan siswa tidak dapat memberikan jawaban dengan benar. Guru perlu memberikan bantuan jawaban yang benar.

  3. Guru melafalkan salam sambil menunjuk gambar yang sesuai. Satu salam diucapkan berulang (3 kali); siswa secara bersama-sama menirukan ucapan guru, salam per salam. Satu salam diucapkan berulang 3 kali.

  4. Guru menjelaskan kapan masing-masing salam digunakan; siswa mendengarkan.

  5. Guru mengulang kegiatan (2) ditirukan oleh siswa pada bangku deret tertentu. Diusahakan semua deret mendapat giliran. Siswa dalam deret tertentu secara bersama-sama menirukan ucapan guru. (Kegiatan ini dapat digunakan untuk memeriksa jika ada siswa yang masih kesulitan mengucapkan kata tertentu.)

  6. Guru mengulang kegiatan (1) hanya untuk siswa yang masih mengalami kesulitan mengucapkan salam; siswa yang mengalami kesulitan menirukan guru.

  7. Guru meminta siswa untuk mencermati gambar dan waktu yang tertera di atas gambar pada practice bagian listen and repeat dan menjelaskan kegiatan (memberi nomor pada gambar sesuai dengan urutan salam yang diucapkan guru). Siswa mencermati gambar dan waktu yang tertera di atas gambar.

  8. Guru mengucapkan salam dengan urutan sesuai dengan tapescript; siswa memberi nomor pada gambar sesuai dengan urutan pengucapan salam oleh guru.

Speaking (30 menit)

  1. Guru meminta siswa untuk mencermati gambar dan penunjuk waktu yang tertera pada gambar pada bagian speak dan menjelaskan kegiatan (mengucapkan salam sesuai kegiatan dan waktu yang ditunjukkan pada gambar). Siswa mencermati gambar.

  2. Guru menunjuk 10 siswa secara bergantian untuk mengucapkan salam sesuai gambar; siswa mengucapkan salam sesuai gambar.

  3. Guru menunjuk gambar; siswa secara bersama-sama mengucapkan salam sesuai gambar yang ditunjuk guru.

  4. Guru menunjuk gambar pada practice bagian speak. Guru meminta siswa tertentu untuk mengucapkan salam sesuai gambar. Siswa yang ditunjuk mengucapkan sesuai gambar.

Pertemuan Ke-2

A. Kegiatan Awal (10 menit)

  1. Guru memberi salam; siswa menjawab salam.

  2. Guru mengingatkan kembali pelajaran sebelumnya dengan menyebutkan salam-salam yanng berbeda; siswa merespons.

  3. Guru menjelaskan bahwa dalam pertemuan tersebut siswa akan melanjutkan dengan membaca dan menulis salam.

B. Kegiatan Inti (50 menit)

Reading (30 menit)

  1. Guru membaca salam dan jawabannya yang ada pada bagian read; siswa menirukan.

  2. Guru meminta siswa mencermati tulisan salam; siswa mencermati tulisan salam.

  3. Guru menjelaskan kegiatan dalam have fun pada bagian read, yaitu menghubungkan gambar dengan tulisan yang sesuai yang tertera di samping kanan gambar dengan memberi garis penghubung sesuai contoh; siswa mendengarkan.

  4. Guru mencermati kegiatan siswa; siswa mengerjakan latihan.

  5. Untuk mengecek hasil kegiatan siswa, guru meminta 3 siswa untuk menunjukkan hasil kegiatan; siswa yang ditunjuk menunjukkan hasil kegiatan.

  6. Guru memberikan jawaban yang benar; siswa mendengarkan dan memeriksa hasil kegiatan masing-masing.

Writing (20 menit)

  1. Siswa mewarnai gambar; guru mencermati

  2. Siswa menebalkan tulisan salam; guru mencermati.

  3. Siswa menarik garis sesuai dengan gambar dan keterangannya

C. Kegiatan Akhir (15 menit)

1. Guru mengucapkan salam (semua salam yang telah diajarkan) kepada siswa di kelas; siswa menjawab salam bersama sama.

2. Guru membaca cerita dalam let us relax; siswa mendengarkan.

V. Sumber, Bahan, dan Alat:

  • Buku bhs. Inggris “grow with engglish” Erlangga

  • Buku – buku bahasa inggris yang relevan

  • Pensil warna (krayon)

  • Alat – alat tulis

VI. Penilaian

Aspek yang dinilai:

Mendengarkan/Berbicara : - Pengucapan,

- kosakata,

- kelancaran

- Sikap

Membaca : - Pengucapan, lafal, intonasi

- Sikap berbahasa

Menulis : - Ejaan, kerapian tulisan tangan

Cara Penilaian : - Tes lisan/ tertulis

- Observasi kelas

- Penilaian guru

0 komentar:

Posting Komentar

Buku Tamu

Blog Archive